Senin, 08 November 2010

Publikasi diri sendiri

assalammualaikum wr.wb


Nama saya niken ayu lahir di jakarta, agama saya islam, banyak orang bilang saya termasuk anak yang rajin dan pintar, hehe. hobi saya makan tapi badan gak gemuk2 juga,hehe. enggak suka sama orang yang lelet, kegiatan sekarang saya kuliah aja, berangkat kuliah naik kereta,kadang2 bareng temen naek motor sampe bekasi padahal rumah saya bukan di bekasi, ke bekasi mau ketemu pacar gitu..haha, trus ngerjain tugas yang di kasih dosen,jurusan yang saya ambil untuk jenjang S1 di gunadarma adalah tekhnologi informatika. cukup sekian publikasi diri dari saya.

wassalammu alaikum wr.wb

Media promosi

Media Promosi

Media Promosi adalah sarana yang digunakan untuk mengkomunikasikan suatu produk/jasa/image/perusahaan ataupun yang lain untuk dapat lebih dikenal masyarakat lebih luas. Dimana dengan promosi ini diharapkan seseorang bisa mengetahui, mengakui, memiliki, dan mengikatkan diri pada suatu barang/jasa/produk/image/perusahaan yang menjadi sasarannya. Salah satu bagian penting dari promosi adalah menentukan media promosi yang paling tepat. Misalnya Surat Kabar, Televisi, Radio, Majalah, dan lain-lain. Tentunya media-media promosi tersebut mempunyai kekurangan serta kelebihan. Berikut beberapa media promosi beserta kekurangan dan kelebihannya :

Media

Kekuatan

Kelemahan

Surat Kabar

Fleksibilitas,ketetapan waktu, coverage bisa local dan nasional, penerimaan luas, dapat dipercaya, Iklan dapat ditempatkan di lokasi yang potensial, Waktu pemaparannya cukup baru, Pembaca melakukan control terhadap paparan, Dapat menggunakan kupon

Umur informasi relative pendek, kualitas cetakan dan gambar jelek, audience terbatas yang meneruskan informasi, Kemampuan menarik perhatian rendah, Pembaca yang terpapar terseleksi

Televisi

Kombinasi visual, audio dan gerak, perhatian audience tinggi, jangkauan luas, prestisius, prestisnya tinggi, Biaya rendah per tiap orang yang terpapar, Mencapai perhatian yang tinggi, Mencapai citra yang positif

Biaya tinggi, segmentasi kompleks, pemaparan cepat, kurang dapat menyeleksi audience, frekuensi pemasangan harus sering dan berulang, Biaya absolute tinggi, Biaya produksi tinggi

Radio

Banyak pendengar, seleksi demografis dan geografis, dipercaya dan biaya relative murah, frekuensi paparan tinggi, fleksibel, Biaya produksi rendah

Hanya audio, perhatian audience rendah dibandingkan dengan TV, pemaparan cepat, mudah lupa

Majalah

Seleksi segmen lebih akurat, dipercaya, kualitas gambar dan cetakan baik, informasi berumur panjang, penerusan informasi cukup baik, Isi dan informasi tinggi

Audience harus membeli dengan harga tinggi dibandingkan dengan surat kabar, tenggang pemuatan yang lama, tidak ada jaminan mendapat posisi pemuatan yang baik, hanya visual, Fleksibilitas terbatas

Handphone

Peer to Peer, Personal segmented, Targeted, Akurat, Two way communication, Interaktif,Pengukurannya mudah, Visual Dinamis, Biaya produksi rendah, Iklan bisa disimpan dan tidak mudah hilang, Bisa diakses kapan dan dimana saja, Biaya murah

Ada keterbatasan infrastruktur data, jenis handphone berbeda-beda, Masih dalam proses edukasi pasar, Tidak bisa terlalu banyak tulisan

Outdoor

Fleksibel, mudah diubah, murah, relative ekslusif, pengulangan pemaparan tinggi

Seleksi audience rendah, kreativitas rendah, tergantung regulasi daerah

Brosur/Folder

Informasi yang diberikan spesifik, langsung ditujukan pada personal, biaya murah, Daya rangsang bisa kuat dan bisa renda tergantung atas daya tarik visual yang ditampilkan

Cenderung diabaikan jika isinya tidak menarik atau tidak berhubungan dengan kebutuhan, Ruang pesan ditentukan/dibatasi oleh kemampuan biaya

Banner, Poster

Daya jangkau dan raihan cukup besar, biaya produksi murah

Daya rangsang rendah, informasi yang ditampilkan terbatas, Biaya pajak dan perizinan tinggi, Keamanan kurangt terjamin, Jika posisinya tidak strategis, segmentasi yang dituju tidak tercapai.

Billboard, Neonbox

Daya jangkau dan raihan cukup besar, daya rangsang cukup tinggi

Biaya produksi, perawatan, perizinan, dan pajak tinggi. Informasi yang ditampilkan terbatas, Jika posisinya tidak strategis atau tidak tepat, segmentasi yang dituju tidak tercapai.

Selain itu juga terdapat beberapa medi promosi yang sering kita liat baik secara langsung maupun tidak langsung, anatara lain :

· POSTER

biasanya dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat dan ditempel pada dinding atau bidang datar dan dibuat menarik perhatian.

· Billboard

Pemasangannya bisa menggunakan struktur mandiri yang permanen, maupun menempel pada konstruksi bangunan permanen.

· Baliho

model ini banyak digunakan untuk promosi jangka pendek atau bersifat insidentil misalnya pemilihan umum, pemilihan presiden, pemilihan lurah, atau bisa juga digunakan untuk mempromosikan event tertentu misalnya pertandingan sepak bola tarkam (turnamen antar kampung), dan lain sebagainya.

· Banner

Model ini tak hanya ditempel di dinding, bisa juga dipasang pada dudukan yang ringan sehingga mudah dipindahkan.

· Kaos

Kaos promosi adalah medium standar yang sudah pasti dilakukan oleh perusahaan dalam melakukan promosi. Bentuk yang paling sederhana dari kaos promosi adalah pemuatan logo atau tagline perusahaan di bagian depan atau belakang kaos promo.

Sumber :

1) http://yoserizal.com/2009/08/25/pemilihan-media-promosi/

2) http://andy.web.id/macam-macam-media-promosi-1.php

3) http://suppliergarment.com/artikel-seputar-garment/15-kaos-sebagai-media-promosi-perusahaan

Selasa, 02 November 2010

Strategi promosi

STRATEGI PROMOSI

Promosi adalah tindakan menginformasikan atau memberitahukan pelanggan/masyarakat mengenai suatu produk/merek tertentu. Promosi juga merupakan bagian dari rangkaian kegiatan pemasaran. Promosi akan mempercepat penyampaian strategi pemasaran kepada konsumen. Tanpa promosi maka strategi ini akan sulit untuk sampai kepada konsumen. Dengan promosi diharapkan akan meningkatkan permintaan akan barang dan jasa, meningkatkan penjualan, laba, nilai promosi dengan dampak positif yang diharapkan bagi setiap produsen.

Selain itu strategi promosi lebih baik menekankan pada hubungan dengan pelanggan atau dikenal dengan istilah saat ini Customer Relationship Management atau istilah yang lebih baru Customer Experience Management yang tidak hanya memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan tetapi juga memahami yang dipikirkan pelanggan. Ada 4 metode promosi yang digunakan perusahaan untuk meningkatkan penerimaan produk-produknya,yaitu :

      • Iklan
      • Penjualan perorangan
      • Promosi penjualan
      • Hubungan masyarakat

v Iklan

Beberapa alasan memanfaatkan iklan :

  1. Meningkatkan citra merek produk tertentu

Contohnya : Iklan merek (strategi iklan komparatif dan iklan pengingat)

  1. Meningkatkan citra lembaga

Contohnya : Iklan Institusional

3. Meningkatkan citra industri

Contohnya : Iklan Industri

v Penjualan perorangan

Kalau anda sebelumnya belum pernah berbisnis, anda bisa jaring dari orang-orang yang anda kenal. Dari orang-orang di sekitar anda. Saat itu, mungkin ada orang yang akan meremehkan atau melemahkan semangat anda. Tapi anda tidak boleh mundur.

v Promosi penjualan

Untuk dapat menarik perhatian / mendapatkan seorang pelanggan kita dapat memberikan diskon, misalnya dengan memberikan potongan harga, buy 2 get 1.

v Hubungan masyarakat

Bangun hubungan baik d engan para pelanggan anda. Buat anda selalu terhubungan dengan para konsumen anda. Mengirimkan newsletter blog terbaru dan membuat halaman di Facebook adalah cara yang baik membuat anda selalu terhubung dengan pelanggan.

Sumber :

STRATEGI PROMOSI

Promosi adalah tindakan menginformasikan atau memberitahukan pelanggan/masyarakat mengenai suatu produk/merek tertentu. Promosi juga merupakan bagian dari rangkaian kegiatan pemasaran. Promosi akan mempercepat penyampaian strategi pemasaran kepada konsumen. Tanpa promosi maka strategi ini akan sulit untuk sampai kepada konsumen. Dengan promosi diharapkan akan meningkatkan permintaan akan barang dan jasa, meningkatkan penjualan, laba, nilai promosi dengan dampak positif yang diharapkan bagi setiap produsen.

Selain itu strategi promosi lebih baik menekankan pada hubungan dengan pelanggan atau dikenal dengan istilah saat ini Customer Relationship Management atau istilah yang lebih baru Customer Experience Management yang tidak hanya memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan tetapi juga memahami yang dipikirkan pelanggan. Ada 4 metode promosi yang digunakan perusahaan untuk meningkatkan penerimaan produk-produknya,yaitu :

      • Iklan
      • Penjualan perorangan
      • Promosi penjualan
      • Hubungan masyarakat

v Iklan

Beberapa alasan memanfaatkan iklan :

  1. Meningkatkan citra merek produk tertentu

Contohnya : Iklan merek (strategi iklan komparatif dan iklan pengingat)

  1. Meningkatkan citra lembaga

Contohnya : Iklan Institusional

3. Meningkatkan citra industri

Contohnya : Iklan Industri

v Penjualan perorangan

Kalau anda sebelumnya belum pernah berbisnis, anda bisa jaring dari orang-orang yang anda kenal. Dari orang-orang di sekitar anda. Saat itu, mungkin ada orang yang akan meremehkan atau melemahkan semangat anda. Tapi anda tidak boleh mundur.

v Promosi penjualan

Untuk dapat menarik perhatian / mendapatkan seorang pelanggan kita dapat memberikan diskon, misalnya dengan memberikan potongan harga, buy 2 get 1.

v Hubungan masyarakat

Bangun hubungan baik d engan para pelanggan anda. Buat anda selalu terhubungan dengan para konsumen anda. Mengirimkan newsletter blog terbaru dan membuat halaman di Facebook adalah cara yang baik membuat anda selalu terhubung dengan pelanggan.

Sumber :

http://www.jokosusilo.com/2010/02/02/5-strategi-promosi-online-untuk-pebisnis-online-pemula/

http://www.slideshare.net/abeyow/strategi-promosi-i

http://www.jokosusilo.com/2010/02/02/5-strategi-promosi-online-untuk-pebisnis-online-pemula/tp://www.slideshare.net/abeyow/strategi-promosi-i