Media Promosi
Media Promosi adalah sarana yang digunakan untuk mengkomunikasikan suatu produk/jasa/image/perusahaan ataupun yang lain untuk dapat lebih dikenal masyarakat lebih luas. Dimana dengan promosi ini diharapkan seseorang bisa mengetahui, mengakui, memiliki, dan mengikatkan diri pada suatu barang/jasa/produk/image/perusahaan yang menjadi sasarannya. Salah satu bagian penting dari promosi adalah menentukan media promosi yang paling tepat. Misalnya Surat Kabar, Televisi, Radio, Majalah, dan lain-lain. Tentunya media-media promosi tersebut mempunyai kekurangan serta kelebihan. Berikut beberapa media promosi beserta kekurangan dan kelebihannya :
Media | Kekuatan | Kelemahan |
| Fleksibilitas,ketetapan waktu, coverage bisa local dan nasional, penerimaan luas, dapat dipercaya, Iklan dapat ditempatkan di lokasi yang potensial, Waktu pemaparannya cukup baru, Pembaca melakukan control terhadap paparan, Dapat menggunakan kupon | Umur informasi relative pendek, kualitas cetakan dan gambar jelek, audience terbatas yang meneruskan informasi, Kemampuan menarik perhatian rendah, Pembaca yang terpapar terseleksi |
Televisi | Kombinasi visual, audio dan gerak, perhatian audience tinggi, jangkauan luas, prestisius, prestisnya tinggi, Biaya rendah per tiap orang yang terpapar, Mencapai perhatian yang tinggi, Mencapai citra yang positif | Biaya tinggi, segmentasi kompleks, pemaparan cepat, kurang dapat menyeleksi audience, frekuensi pemasangan harus sering dan berulang, Biaya absolute tinggi, Biaya produksi tinggi |
Radio | Banyak pendengar, seleksi demografis dan geografis, dipercaya dan biaya relative murah, frekuensi paparan tinggi, fleksibel, Biaya produksi rendah | Hanya audio, perhatian audience rendah dibandingkan dengan TV, pemaparan cepat, mudah lupa |
Majalah | Seleksi segmen lebih akurat, dipercaya, kualitas gambar dan cetakan baik, informasi berumur panjang, penerusan informasi cukup baik, Isi dan informasi tinggi | Audience harus membeli dengan harga tinggi dibandingkan dengan surat kabar, tenggang pemuatan yang lama, tidak ada jaminan mendapat posisi pemuatan yang baik, hanya visual, Fleksibilitas terbatas |
Handphone | Peer to Peer, Personal segmented, Targeted, Akurat, Two way communication, Interaktif,Pengukurannya mudah, Visual Dinamis, Biaya produksi rendah, Iklan bisa disimpan dan tidak mudah hilang, Bisa diakses kapan dan dimana saja, Biaya murah | Ada keterbatasan infrastruktur data, jenis handphone berbeda-beda, Masih dalam proses edukasi pasar, Tidak bisa terlalu banyak tulisan |
Outdoor | Fleksibel, mudah diubah, murah, relative ekslusif, pengulangan pemaparan tinggi | Seleksi audience rendah, kreativitas rendah, tergantung regulasi daerah |
Brosur/Folder | Informasi yang diberikan spesifik, langsung ditujukan pada personal, biaya murah, Daya rangsang bisa kuat dan bisa renda tergantung atas daya tarik visual yang ditampilkan | Cenderung diabaikan jika isinya tidak menarik atau tidak berhubungan dengan kebutuhan, Ruang pesan ditentukan/dibatasi oleh kemampuan biaya |
Banner, Poster | Daya jangkau dan raihan cukup besar, biaya produksi murah | Daya rangsang rendah, informasi yang ditampilkan terbatas, Biaya pajak dan perizinan tinggi, Keamanan kurangt terjamin, Jika posisinya tidak strategis, segmentasi yang dituju tidak tercapai. |
Billboard, Neonbox | Daya jangkau dan raihan cukup besar, daya rangsang cukup tinggi | Biaya produksi, perawatan, perizinan, dan pajak tinggi. Informasi yang ditampilkan terbatas, Jika posisinya tidak strategis atau tidak tepat, segmentasi yang dituju tidak tercapai. |
Selain itu juga terdapat beberapa medi promosi yang sering kita liat baik secara langsung maupun tidak langsung, anatara lain :
· POSTER
biasanya dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat dan ditempel pada dinding atau bidang datar dan dibuat menarik perhatian.
· Billboard
Pemasangannya bisa menggunakan struktur mandiri yang permanen, maupun menempel pada konstruksi bangunan permanen.
· Baliho
model ini banyak digunakan untuk promosi jangka pendek atau bersifat insidentil misalnya pemilihan umum, pemilihan presiden, pemilihan lurah, atau bisa juga digunakan untuk mempromosikan event tertentu misalnya pertandingan sepak bola tarkam (turnamen antar kampung), dan lain sebagainya.
· Banner
Model ini tak hanya ditempel di dinding, bisa juga dipasang pada dudukan yang ringan sehingga mudah dipindahkan.
· Kaos
Kaos promosi adalah medium standar yang sudah pasti dilakukan oleh perusahaan dalam melakukan promosi. Bentuk yang paling sederhana dari kaos promosi adalah pemuatan logo atau tagline perusahaan di bagian depan atau belakang kaos promo.
Sumber :
Selamat Pagi
BalasHapusPerkenankan kami dari PT DASI, yang bergerak dalam usaha Solusi usaha untuk Bp / Ibu menawarkan suatu produk, untuk antisipasi kebakaran, pencurian, perampokan, melalui solusi Instalasi Camera CCTV, GPS u. Motor dan Mobil
Keunggulan dari jasa kami adalah :
1. On line dengan Black Berry, IPad, HP, sehingga dapat antisipasi sebelum kejadian.
2. Dapat merekam dalam kondisi gelap, karena menggunakan kamera infranet.
3. Tahan 4 jam setelah lampu padam
4. Dapat mematikan mesin kendaraan anda menggunkan HP, Black Berry.
5. Melacak,merekap percakapan di mobil, melacar rute perjalanan mobil dan mematiak mesin mobil melalui HP, Ipad, BB
Dengan keunggulan yang kami paparkan, selamat mencoba hasil karya kami ini.
Kami ucapkan sukses selalu atas usaha yang di jalankan
Salam Sukses
Sofyan Pudjadi,SE
0812-8596775, pin BB 2ab13967
pusing bacanya,latar belakang/walpaper terlalu banyak sehingga tulisannya ga keliatan
BalasHapus