Selasa, 02 November 2010

Strategi promosi

STRATEGI PROMOSI

Promosi adalah tindakan menginformasikan atau memberitahukan pelanggan/masyarakat mengenai suatu produk/merek tertentu. Promosi juga merupakan bagian dari rangkaian kegiatan pemasaran. Promosi akan mempercepat penyampaian strategi pemasaran kepada konsumen. Tanpa promosi maka strategi ini akan sulit untuk sampai kepada konsumen. Dengan promosi diharapkan akan meningkatkan permintaan akan barang dan jasa, meningkatkan penjualan, laba, nilai promosi dengan dampak positif yang diharapkan bagi setiap produsen.

Selain itu strategi promosi lebih baik menekankan pada hubungan dengan pelanggan atau dikenal dengan istilah saat ini Customer Relationship Management atau istilah yang lebih baru Customer Experience Management yang tidak hanya memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan tetapi juga memahami yang dipikirkan pelanggan. Ada 4 metode promosi yang digunakan perusahaan untuk meningkatkan penerimaan produk-produknya,yaitu :

      • Iklan
      • Penjualan perorangan
      • Promosi penjualan
      • Hubungan masyarakat

v Iklan

Beberapa alasan memanfaatkan iklan :

  1. Meningkatkan citra merek produk tertentu

Contohnya : Iklan merek (strategi iklan komparatif dan iklan pengingat)

  1. Meningkatkan citra lembaga

Contohnya : Iklan Institusional

3. Meningkatkan citra industri

Contohnya : Iklan Industri

v Penjualan perorangan

Kalau anda sebelumnya belum pernah berbisnis, anda bisa jaring dari orang-orang yang anda kenal. Dari orang-orang di sekitar anda. Saat itu, mungkin ada orang yang akan meremehkan atau melemahkan semangat anda. Tapi anda tidak boleh mundur.

v Promosi penjualan

Untuk dapat menarik perhatian / mendapatkan seorang pelanggan kita dapat memberikan diskon, misalnya dengan memberikan potongan harga, buy 2 get 1.

v Hubungan masyarakat

Bangun hubungan baik d engan para pelanggan anda. Buat anda selalu terhubungan dengan para konsumen anda. Mengirimkan newsletter blog terbaru dan membuat halaman di Facebook adalah cara yang baik membuat anda selalu terhubung dengan pelanggan.

Sumber :

STRATEGI PROMOSI

Promosi adalah tindakan menginformasikan atau memberitahukan pelanggan/masyarakat mengenai suatu produk/merek tertentu. Promosi juga merupakan bagian dari rangkaian kegiatan pemasaran. Promosi akan mempercepat penyampaian strategi pemasaran kepada konsumen. Tanpa promosi maka strategi ini akan sulit untuk sampai kepada konsumen. Dengan promosi diharapkan akan meningkatkan permintaan akan barang dan jasa, meningkatkan penjualan, laba, nilai promosi dengan dampak positif yang diharapkan bagi setiap produsen.

Selain itu strategi promosi lebih baik menekankan pada hubungan dengan pelanggan atau dikenal dengan istilah saat ini Customer Relationship Management atau istilah yang lebih baru Customer Experience Management yang tidak hanya memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan tetapi juga memahami yang dipikirkan pelanggan. Ada 4 metode promosi yang digunakan perusahaan untuk meningkatkan penerimaan produk-produknya,yaitu :

      • Iklan
      • Penjualan perorangan
      • Promosi penjualan
      • Hubungan masyarakat

v Iklan

Beberapa alasan memanfaatkan iklan :

  1. Meningkatkan citra merek produk tertentu

Contohnya : Iklan merek (strategi iklan komparatif dan iklan pengingat)

  1. Meningkatkan citra lembaga

Contohnya : Iklan Institusional

3. Meningkatkan citra industri

Contohnya : Iklan Industri

v Penjualan perorangan

Kalau anda sebelumnya belum pernah berbisnis, anda bisa jaring dari orang-orang yang anda kenal. Dari orang-orang di sekitar anda. Saat itu, mungkin ada orang yang akan meremehkan atau melemahkan semangat anda. Tapi anda tidak boleh mundur.

v Promosi penjualan

Untuk dapat menarik perhatian / mendapatkan seorang pelanggan kita dapat memberikan diskon, misalnya dengan memberikan potongan harga, buy 2 get 1.

v Hubungan masyarakat

Bangun hubungan baik d engan para pelanggan anda. Buat anda selalu terhubungan dengan para konsumen anda. Mengirimkan newsletter blog terbaru dan membuat halaman di Facebook adalah cara yang baik membuat anda selalu terhubung dengan pelanggan.

Sumber :

http://www.jokosusilo.com/2010/02/02/5-strategi-promosi-online-untuk-pebisnis-online-pemula/

http://www.slideshare.net/abeyow/strategi-promosi-i

http://www.jokosusilo.com/2010/02/02/5-strategi-promosi-online-untuk-pebisnis-online-pemula/tp://www.slideshare.net/abeyow/strategi-promosi-i

Tidak ada komentar:

Posting Komentar