Selasa, 26 Oktober 2010

Analisa pesaing

Analisa persaingan adalah usaha mengidentifikasi ancaman, kesempatan atau permasalahan strategis (strategy question) yang terjadi akibat perubahan persaingan potensial, serta kekuatan dan kelemahan pesaing. Dengan mengerti pesaing dan segala aktivitasnya dapat memberikan beberapa keunggulan. Dengan mengerti kekuatan dan kelemahan arus strategi pesaing itu dapat menawarkan kesempatan dan ancaman dan akan dapat menentukan respon yang baik. Pengetahuan akan strategi kompetitif yang akan datang mungkin bisa memberikan proyeksi/prediksi dari ancaman dan kesempatan. Sebuah keputusan tentang strategi alternatif bisa lebih mudah didapat dengan kemampuan meramal reaksi serupa dari pesaing kunci. Analisa pesaing mungkin menghasilkan sebuah identifikasi dari berbagai pertanyaan yang akan sangat berguna dalam memonitor dari dekat setiap waktu. Pengetahuan tentang tujuan dari pesaing juga merupakan hal yang potensial untuk memprediksikan apakah bentuk kehadiran dan ketidakhadirannya memuaskan atau perubahan strateginya hanya sama saja.

Strategi yang berlaku (sekarang) dan yang sudah tidak berlaku (lalu/lampau) dari pesaing akan dipertimbangkan/ditinjau kembali. Secara khusus, strategi lampau yang telah ditinggalkan harus dicatat, karena sebagai pengalaman yang dapat membiasakan pesaing untuk penggunaan strategi yang sama dimasa yang akan datang. Juga pengetahuan pola yang digunakan pesaing pada produk baru atau perubahan pasar baru dapat membentuknya untuk mengantisipasi atas pertumbuhan masa yang akan datang. Jika differensiasi strategi telah dideteksi, untuk apa luasnya berdasarkan pada luasnya produk line, kualitas produk, servis, model distribusi atau identifikasi dari merk ? Jika memakai strategi biaya rendah apakah itu berdasarkan skala ekonomi, kurva pengalaman, fasilitas pabrik dan peralatan, atau jalan masuk untuk bahan mentah ? Apakah struktur biayanya jika titik berat/fokus strategi adalah nyata, melukiskan tujuan bisnis.

Pesaing biasanya berhubungan dengan penyedia, pelanggan dan penyalur dan badan pembuat serta badan pengatur pemerintah. Hubungan dengan yang lain dapat memberikan informasi. Memantau melalui majalah pertunjukan/pameran, memasang spanduk, pidato, laporan tahunan dan sejenisnya dapat memberikan informasi. Teknik pertemuan dan jurnal dapat memberi informasi tentang teknik pengembangan dan aktivitas. Seribu dari penerimaan data base oleh komputer sekarang digunakan untuk informasi terperinci pada pesaing dan fasilitas dapat dicapai.

Satu cara untuk memberi informasi terperinci tentang keberadaan pasar pesaing kaitannya dengan para langganannya menggunakan penelitian pasar. Sebagai contoh pada survai telepon sebanyak 1500 orang di Los Angeles dan daerah Orange di California menjawab pertanyaan tentang supermarket Yang manakah paling dekat dengan rumahmu ? dimana yang sering kamu beli ? dimana harga terendah ? dimana produk berkualitas baik, dan yang lainnya ? yang memiliki kekhususan terbaik ? Baikkah servis terhadap langganan ? Paling bersihkah tokonya ? Apakah dagingnya kualitas baik ? Selanjutnya staf ahli diminta pendapatnya untuk menyusun perkiraan keberadaan pesaing, kekuatan dibelakangnya, dan strateginya. Informasi dari pesaing dapat dicapai dari penelitian pasar dan dari variasi beberapa sumber pada majalah, pameran, pelanggan, penyedia.

Sumber :

http://akuntansibisnis.wordpress.com/2010/06/16/analisis-persaingan-dan-industri/

http://www.tekbar.net/id/cost-and-investment/identity-management-system-and-errors-in-analysis.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar