Selasa, 19 Oktober 2010

Analisa Situasi Pasar diPerusahaan yang sama

Analisa Situasi Pasar di Perusahaan yang sama

Pasar berubah karena adanya perubahan kebutuhan pembeli, teknologi baru, kekuatan sosial ekonomi, dan kegiatan persaingan. Selain itu juga para pelaku pasar atau dalam hal ini penjual (pemilik perusahaan) saling berlomba untuk saling mengalahkan satu sama lain untuk menarik hati konsumen. Perubahan-perubahan ini menciptakan peluang dan ancaman baru bagi perusahaan untuk melayani pasar.
Sebuah perusahaan harus dapat menentukan bagaimana arah dan tujuan strategi yang disusun untuk menangkap berbagai peluang dalam lingkungan ynag dihadapi, sehingga analisis harus dibuat secara sistematis untuk memperoleh gambaran yang sesungguhanya tentang kebenaran lingkungan usaha yang dihadapi perusahaan. Karena sesungguhnya syarat adanya pasar adalah harus terdapat orang-orang dengan kebutuhan dan keinginan tertentu dan satu atau lebih produk yang dapat memuaskan kebutuhan konsumen.
• Apakah karakteritik ekonomi yang menonjol dalam industri yang bersangkutan
• Bagaimanakah gambaran persaingan dalam industri tersebut dan kekuatan masing-masing pihak.
• Apakah yang menjadi pemicu perubahan dalam industri dan bagaimana dampaknya.
Pertanyaan-pertanyaan diatas sangat dibutuhkan untuk mengungkap sejumlah informasi penting yang dapat mempengaruhi maju atau mundurnya sebuah perusahaan.
Persaingan yang terjadi antar perusahaan sangat beragam. Biasanya perusahaan tidak bersaing langsung dengan semua perusahaan dalam industri. Karenanya harus dilakukan identifikasi perusahaan mana yang merupakan pesaing utama.
Pengevaluasian strategi, kekuatan, kelemahan dan rencana para pesaing juga merupakan salah satu kunci analisa situasi. Evaluasi ini penting untuk identifikasi pesaing yang sudah ada dan potensial. Hanya beberapa perusahaan dalam industrinya yang menyimpulkan para pesaing utama. Cravens (2000) menyatakan bahwa analisa pesaing meliputi pendefenisian arena persaingan, penganalisisan group strategis, pengambaran dan pengevaluasian tiap pesaing utama. Analisis tersebut harus menunjukan kekuatan dan kelemahan pesaing.
Selain itu yang harus diperhatikan juga adalah berbagai pertimbangan dalam penyusunan strategi
1. Perubahan lingkungan ekstern perusahaan yang mencakup lingkungan pekerjaan atau industri dan lingkungan social (societal environment).
2. Perubahan lingkungan intern perusahaan.

Sumber:
  • http://ilmumanajemen.com/index.php?option=com_content&view=article&id=63:analisa-situasi-persaingan-pasar&catid=58:stratgi&Itemid=29
  • http://id.shvoong.com/business-management/management/1646527-analisis-persaingan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar