Jumat, 01 Oktober 2010

PERKEMBANGAN BISNIS INFORMATIKA DI INDONESIA

PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA

Teknologi Informasi dan Komunikasi di Indonesia saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat dan sangat berpengaruh terhadap berbagai aktivitas manusia mulai dari kehidupan, cara kerja, metoda belajar, gaya hidup maupun cara berpikir setiap individu maupun suatu komunitas. Manusia secara langsung maupun tidak langsung akan membutuhkan pemahaman dan pengalaman agar bisa memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara optimal dalam menghadapi tantangan perkembangan zaman dan menyadari implikasinya bagi pribadi maupun masyarakat. Manusia juga secara berkelanjutan akan berusaha meguasai teknologi untuk dapat digunakan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan perkembangan Teknologi Informasi ini telah mengubah pola ekonomi, pola hidup dan juga cara melakukan bisnis secara signifikan. Diperkirakan pada masa yang akan datang akan tebentuk masyarakat informasi dimana jasa informasi akan menjadi komoditas utama dan interaksi antar manusia sudah berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Disadari atau tidak, kehidupan ini telah menjadi semakin praktis semenjak teknologi informasi dan komunikasi (TIK) diciptakan. Bahkan TIK adalah jantung yang mensuplai energi bagi jalannya industri seperti perbankan, telekomunikasi, dan manufaktur. Perkembangan teknologi Informasi mampu menciptakan alat-alat yang mendukung perkembangan Teknologi Informasi, mulai dari sistem komunikasi sampai dengan alat komunikasi yang searah maupun dua arah (interaktif). Tidak hanya itu Teknologi informasi juga ikut berperan dalam bidang Pemerintahan (e-govermment), bidang Keuangan dan Perbankan, sampai bidang Pendidikan (e-education).
Dalam perkembangan teknologi informasi khususnya di era globalisasi ini, telekomunikasi dan informatika adalah dua faktor penting karena keduanya merupakan sarana komunikasi antara penyedia dan pengguna informasi. Oleh karena itu, untuk melihat perkembangan teknologi Informasi di Indonesia perlu kita amati perkembangan teknologi telekomunikasi dan internet yang terjadi saat ini.

Kedahsyatan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menghasilkan penemuan-penemuan baru dalam bidang teknologi yang hingga kini sudah dapat kita rasakan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah internet. Pada awal kemunculannya, kebanyakan manusia menggunakan internet hanya sebatas berkirim pesan melalui email atau membaca berita dan artikel di Newsgroup. Namun saat ini internet digunakan sebagai media untuk mendapatkan atau bertukar informasi secara cepat, mudah, murah bahkan gratis, internet telah menjadi salah satu kebutuhan pokok beberapa orang. Bahkan tak jarang orang menggunakan internet untuk menunjang bahkan memperlancar bisnis mereka.

Aplikasi Internet dalam mendukung dunia bisnis

Perkembangan internet tidak terlepas dari keberadaan penyedia jasa internet (internet sevice provider atau ISP). Fungsinya adalah sebagai penghubung antara pengguna internet dengan internet dunia (ISP Global). Internet merupakan sebuah protocol komunikasi yang memungkinkan seluruh computer diseluruh dunia dapat berkomunikasi. Cara koneksi internet dapat melalui Dial-Up dan jaringan computer dengan LAN.

Teknologi informasi banyak berperan dalam bidang-bidang antara lain :

  • Bidang pendidikan(e-education)

Dengan adanya perkembangan teknologi informasi dalam bidang pendidikan, memudahkan proses belajar mengajar. Misalnya sajapada saat ini sudah dimungkinkan untuk diadakan belajar jarak jauh dengan menggunakan media internet yaitu untuk menghubungkan antara mahasiswa dengan dosennya, melihat nilai mahasiswa secara online, mengecek keuangan, melihat jadwal kuliah, mengirimkan berkas tugas yang diberikan dosen.

  • Dalam Bidang Pemerintahan (e-government)

e-government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain. Manfaat e-government antara lain:
(1) Pelayanan servis yang lebih baik kepada masyarakat. Sekarang informasi yang ingin masyarakat ketahui dapat tersedia dalam 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu, tanpa harus menunggu dibukanya kantor. Informasi tersebut dapat dicari dimana pun dan kapan pun dibutuhkan.

(2) Peningkatan hubungan antara pemerintah, pelaku bisnis, dan masyarakat umum. Dengan adanya keterbukaan diharapkan hubungan antara berbagai pihak menjadi lebih baik. Keterbukaan ini menghilangkan saling curiga dan kekesalan dari semua pihak.

(3) Pemberdayaan masyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh. Dengan adanya informasi yang mencukupi, masyarakat akan belajar untuk dapat menentukan pilihannya. Misalnya, data-data tentang sekolah yang dinginkan : jumlah kelas, daya tampung murid, passing grade, dan sebagainya. Data-data tersebut dapat ditampilkan secara online dan digunakan oleh orang tua untuk memilihkan sekolah yang pas untuk anaknya.
(4) Pelaksanaan pemerintahan yang lebih efisien. Sebagai contoh, koordinasi pemerintahan dapat dilakukan melalui e-mail atau bahkan video conference. Bagi Indonesia yang luas areanya sangat besar, hal ini sangat membantu. Tanya jawab, koordinasi, diskusi antara pimpinan daerah dapat dilakukan tanpa kesemuanya harus berada pada lokasi fisik yang sama. Tidak lagi semua harus terbang ke Jakarta untuk pertemuan yang hanya berlangsung satu atau dua jam saja.

  • Bidang Keuangan dan Perbankan

Salah satu lagi manfaat dari teknologi dan informasi dalam kedua bidang ini adalah dengan adanya ATM yang memudahkan manusia untuk bertransaksi. Pengembangan teknologi dan infrastruktur telematika di Indonesia akan sangat membantu pengembangan industri di sektor keuangan ini, seperti perluasan usaha dengan membuka cabang-cabang di daerah, serta pertukaran informasi antara sesama perusahaan asuransi, broker, industri perbankan, serta lembaga pembiayaan lainnya.

  • Bidang Perhotelan

Komputer digunakan untuk menentukan jumlah dan jenis kamar yang telah terisi dan masih kosong, menghitung biaya customer yang menginap, dan lain-lain.

  • Bisnis Online

Kini banyak pelaku usaha yang mendapatkan keuntungan besar dengan mendirikan toko online. Toko online ini memanfaatkan media internet untuk melakukan jual-beli yang dilakukan secara online. Mulai dari menjual baju, sepatu, tas, pulsa bahkan menjual hp second bisa di lakukan disini. Dengan semakin maraknya jejaring sosial,forum-forum,web-blog,serta komunitas komunitas dunia maya bisa juga melalui website pribadi bisnis online ini banyak bermunculan. Bahkan hampir toko-toko yang ada sekarang memiliki account tersendiri untuk mempermudah costumernya. Dan bisnis online ini juga dapat bermanfaat sebagai alat promosi toko tersebut.

sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar