Sabtu, 16 April 2011

Mobile Computing

Definisi
Sistem komputasi mobile/mobile computing system adalah sistem komputasi yang dapat dengan mudah dipindahkan secara fisik dan kemampuan komputasi yang dapat digunakan ketika mereka sedang dipindahkan.

Mobile computing device tidak selalu harus terhubung dengan jaringan telekomunikasi. Kalkulator, HP, laptop, netbook bisa dikategorikan sebagai perangkat mobile computing.

Berbicara mengenai mobile computing tidak terlepas dari dunia telekomunikasi bergerak/mobile communication meski cakupan mobile computing tidak hanya ada pada komunikasi mobile, Karena itu pembahasan awal ini akan dititik beratkan pada teknologi komunikasi mobile dan untuk selanjutnya akan dibahas mengenai aplikasi mobile.

Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan perangkat teknologi nirkabel telah tumbuh secara eksponensial. Sebagian besar orang kini dapat mengakses sistem informasi kabel di mana saja dan kapan saja menggunakan perangkat portable ukuran komputer nirkabel diaktifkan oleh baterai (notebook misalnya, PC tablet, pribadi digital asisten (PDA) dan GPRS-enabled telepon selular). Hal ini dimungkinkan dengan perkembangan teknologi komunikasi yang cepat. Cara perangkat komputasi portable berkomunikasi dengan server stasioner pusat melalui saluran nirkabel dan menjadi bagian terpadu dari lingkungan komputasi terdistribusi yang ada.



Penyedia layanan Mobile akan memberikan sejumlah layanan informasi termasuk informasi cuaca, atau jasa ramalan cuaca, berita, informasi indeks saham, valuta asing, hasil pemilu, wisata layanan, jadwal penerbangan, penentuan posisi, dan panduan rute, untuk layanan transportasi. Dalam pembuatan layanan informasi nirkabel, sejumlah masalah harus ditangani seperti manajemen data mobile, infrastruktur pendukung jaringan, lokasi, dan sebagainya.Agar aplikasi yang dibuat menjadi menarik dan bermanfaat.

Untuk mewujudkan keperluan di atas kita perlu tahu karakteristik unik dari lingkungan mobile computing diantaranya:

  • Kendala sumberdaya yang terbatas pada perangkat mobile

Agar bersifat portable dan mobile, device dirancang kecil dan ringan. Tetapi dengan desain ini ada kelemahannya yaitu kapasitas baterey yang kecil, kapasitas penyimpan memory kecil, daya komputasi terbatas. Ingat…Hukum Moore tidak berlaku untuk batterey :-p .

(Diskusi: ada ide untuk menghemat pemakaian mobile device atau mengisi batterey secara portabel?)

  • Bandwidth jaringan rendah

Pengguna mobile dapat terhubung ke jaringan nirkabel melalui berbagai jaringan komunikasi termasuk radio nirkabel, wireless Local Area Network (LAN), nirkabel selular, satelit, dll Setiap jaringan nirkabel menyediakan kapasitas bandwidth yang berbeda. Namun, bandwidth nirkabel ini terlalu kecil dibandingkan dengan jaringan tetap seperti ATM (Asynchronous Transfer Mode) yang dapat memberikan kecepatan hingga 155Mbps.

(diskusi: mungkinkah mobile device mendownload sekian mega bit data)

  • Biaya komunikasi asymmetric

Kapasitas bandwidth yang berbeda antara hilir komunikasi dan komunikasi upstream telah menciptakan sebuah lingkungan baru yang disebut Lingkungan Komunikasi asimetrik. Bahkan, ada dua situasi yang dapat mengakibatkan komunikasi asimetri, Salah satunya adalah karena kemampuan perangkat fisik. Misalnya, server memiliki pemancar siaran kuat, sedangkan klien mobile memiliki kemampuan transmisi kecil. Yang lain adalah karena pola aliran informasi dalam aplikasi. Misalnya, dalam situasi dimana jumlah server jauh lebih sedikit daripada jumlah klien, itu adalah asimetris karena ada tidak kapasitas yang cukup untuk menangani permintaan simultan dari beberapa klien.

  • Heterogenitas perangkat mobile

industri telekomunikasi Mobile telah mengembangkan berbagai perangkat mobile seperti Laptop, Tablet PC, Handheld PC, Pocket PC, Netbook dan Mobile Phones. Namun, perangkat mobile juga mempunyai fitur dan kemampuan yang berbeda baik sistem operasi, daya komputasi, tampilan maupun kemampuan jaringan. Akibatnya, heterogenitas ini menimbulkan beberapa tantangan dalam manajemen konten, dan penyampaian konten ke penyedia layanan mobile.

(diskusi: berikan contoh heterogenitas device tersebut)

  • Mobilitas

Teknologi nirkabel memungkinkan pengguna mobile untuk bergerak bebas dan mandiri dari satu tempat ke tempat lain. Sebuah layanan handoff terjadi ketika pengguna bergerak dari satu daerah layanan jaringan ke lain. Hal ini penting untuk memastikan handoffs layanan berfungsi dengan baik

  • Koneksi yang sering terputus

pengguna Mobile sering terputus dari jaringan. Hal ini mungkin terjadi karena beberapa alasan, termasuk kegagalan sinyal, jangkauan sinyal yang kurang luas, area blank spot, dan penghematan daya. Tetapi hal ini juga bisa menguntungkan karena modus aktif membutuhkan seribu kali power lebih besar daripada perangkat dalam kondisi standby atau mode sleep. Sinyal radio nirkabel mungkin juga akan melemah karena jarak yang jauh dari sumber sinyal dimana pengguna bergerak. Dari karakteristik lingkungan sebuah perangkat mobile maka akan terpikirkan oleh kita bagaimana mendesain aplikasi mobile yang optimal untuk perangkat mobile.

sumber :

http://4d1kurn14.wordpress.com/2010/04/25/mobile-computing/

http://blogdosen.unsada.ac.id/adam_arif/?p=207

http://ocw.gunadarma.ac.id/course/computer-science-and-information/computer-system-s1/sistem-komputasi-bergerak/definisi-komputasi-bergerak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar