Sabtu, 16 April 2011

Tutorial Membuat Gerobak Bakso dengan menggunakan 3Ds max 2010

Pertama kali yang harus kita lakukan adalah membuka aplikasi 3d’s Max 2010, kemudian akan muncul lembar kerja 3d’s max 2010. Untuk membuat object gerobak baso, pertama kita buat sebuah balok untuk badan atau body dari gerobak baso tersebut yaitu pada bagian kanan lembar kerja 3d’s max akan terlihat toolbar seperti pada gambar dibawah, kita pilih standard primitives, kemudian pilih box.
Photobucket

Selanjutnya kita memberikan ruas pada object yang kita buat, pilih menu Parameters lalu kita atur banyaknya ruas di sub menu length segs, width segs dan height segs. Ini juga mempermudah kita saat melakukan pengolahan pada objek.

Photobucket

Agar objek yang kita buat dapat kita olah, kita harus mengkonversi objek tersebut. Caranya, kita klik objek yang kita buat kemudian klik kanan Convert to dan pilih convert to editable poly.

Kemudian atur segmen-segmen tersebut agar dapat membentuk objek yang kita inginkan.

Photobucket

Selanjutnya kita akan membuat lekukan pada objek tersebut, lekukan ini nantinya akan berguna sebagai body bagian atas dari gerobak baso tersebut. Caranya dengan mengatur selection pada editable poly, terlihat pada gambar di atas bagian kanan. Kemudian pilih selection by bidang.


Photobucket

Selanjutnya extrude bagian yang telah diseleksi, untuk membuat bagian tersebut menjadi lebih tinggi. Bagian inilah yang nantinya akan menjadi body dari gerobak baso yang kita buat.

Photobucket

Setelah kita selesai mengextrude bagian body dari gerobak baso tersebut maka yang kita lakukan selanjutnya adalah membuat lagi sebuah balok untuk menutup bagian atas dari gerobak dengan memilih Box pada colom object type. Atur balok tersebut sehingga dapat menutupi seluruh permukaan atas dari gerobak. Lalu letakkan balok diatas body yang telah kita buat sebelumnya. Maka tampilannya menjadi seperti dibawah ini

Photobucket

Sekarang kita membuat pegangan untuk gerobak tersebut, caranya sama seperti kita membuat atap gerobak tetapi Object type yang kita gunakan bukan Box melainkan Clylinder. Setelah selesai, letakkan pegangan tersebut di sisi belakang gerobak.

Photobucket

Kemudian selanjutnya kita akan membuat roda gerobak dengan cara pada objek type pilih chamfer cylinder, lalu buat dilembar kerja dengan ukuran yang diinginkan, kemudian kita klik objek, klik kanan pada mouse pilih convert to editable poly agar kita bisa mengedit roda sesuai dengan keinginan.

Photobucket

Extrude kedalam untuk memberikan efek gerigi-gerigi pada roda tersebut
Photobucket

Lalu convert roda tersebut menjadi smooth+highlights agar tampilan roda tersebut tampak halus dan lebih bertekstur.
Photobucket

Pasangkan roda tersebut pada sisi gerobak tersebut.

Photobucket

Buat lagi sebuah roda untuk sisi lain gerobak itu. Maka terbentuklah sebuah object gerobak baso yang kita inginkan.

Photobucket

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar