Sabtu, 16 April 2011

Aplikasi Permainan TicTacToe dengan Android

Penulis akan membahas secara detail mengenai perancangan aplikasi, mulai dari gambaran umum, rancangan awal tampilan aplikasi, rancangan alur program, penjelasan program, cara menggunakan aplikasi, serta implementasi permainan TicTacToe.

Aplikasi permainan TicTacToe ini berisi kotak. Kotak tersebut berupa matriks 3x3 yang terdiri dari 9 kotak. Permainan dimulai oleh user dengan mengisi kotak kosong yang tersedia lalu diikuti oleh lawan atau komputer mengisi kotak kosong yang masih tersedia. Permainan akan selesai jika kotak habis atau salah satu pemain (user atau komputer) mendapatkan pola yang sama secara diagonal, vertical, atau horizontal. Permainan ini dibuat agar mengasah logika seseorang agar dapat memenangkan dan mengalahkan lawan.

Dalam pembuatannya, pertama harus dibuat lebih dahulu rancangan tampilan awal untuk aplikasi TictacToe ini. Kemudian dilakukan perancangan sistem, perancangan alur aplikasi dan perancangan database. Berikutnya mulai dilakukan pembuatan program dengan menggunakan editor ECLIPSE. Setelah proses pembuatan program selesai dilakukan proses pengujian program dengan menggunakan emulator Android (Android SDK) sampai program berhasil dicompile dan dijalankan dengan baik.


· Rancangan Tampilan Aplikasi.

Perancangan tampilan aplikasi ini terdiri dari perancangan halaman menu utama permainan DotGame, perancangan halaman tampilan pengaturan mulai, perancangan halaman tampilan permainan, perancangan halaman pembantu, serta perancangan halaman tentang aplikasi.


· Rancangan Tampilan Menu Utama.

Pada halaman ini terdapat button yang membantu pengguna dalam memilih menu yang ingin digunakan. Terdapat button mulai permainan untuk memulai permainan, button pilihan untuk memilih lawan,tema atau skin,simbol dan nama pemain,button petunjuk berisi cara bermain dan tentang pembuatan permainan ini ke halaman tentang pembuatan permainan ini, dan button keluar untuk keluar dari aplikasi permainan.

Photobucket


· Rancangan Tampilan Mulai Permainan.

Halaman nama pemain akan muncul bila kita memilih pilihan menu mulai permainan. Untuk memainkan permainan ini yang dilakukan terlebih dahulu masukkan nama pemain 1 dan nama pemain 2.

Photobucket




· Rancangan Tampilan Permainan.

Halaman permainan ini terdapat kotak-kotak yang terdiri 9 kotak (3x3).memainkannya dengan menyamakan gambar secara vertikal,diagonal maupun horizontal

Photobucket

·

Rancangan Tampilan Pilihan.

Halaman ini akan muncul bila kita memilih menu pilihan. Halaman ini menampilkan pilihan tampilan, lawan, simbol, nama pemain dan kembali .Jika ingin keluar dari halaman ini pilih button kembali

Photobucket

Pembuatan Aplikasi.

Untuk membuat permainan ini, terlebih dahulu penulis harus menyiapkan Environmentnya, terutama Android SDK, ADT (Android Development Tools ) dan Eclipse.

1 Untuk menginstall Eclipse penulis akan menginstal Java JDK (java development kit) versi 5 atau diatasnya.

2 Install dan setting Android SDK.

3 Kemudian install & mengkonfigurasi Eclipse (kita akan menggunakan Eclipse 3.5 Galileo), juga menginstall ADT (kita akan menggunakan ADT 0.9.7 ).

Pertama, penulis jalankan eclipse terlebih dahulu. Penulis akan menggunakan Eclipse IDE for Java developers. Setiap ingin membuat project baru eclipse meminta penulis untuk membuat folder workspace dan di letakkan di salah satu Partisi hardisk komputer. Penulis siap membuat project permainan TicTacToe.

Sebelum membuat project, maka lebih dahulu penulis harus mengkonfigurasikan package android. Dengan mengkonfigurasikan package tersebut Google API dan SDK platform dari yang paling lama hingga versi terbarunya beserta AVD (Android Virtual Device). Jika sudah berhasil maka eclipse sudah terkonfigurasi dengan Android SDK dan AVD manager.

Photobucket





Kemudian buat sebuah Android virtual device untuk mengarahkan project yang penulis buat agar bisa berjalan di emulator android.

Photobucket



Setelah di create, maka penulis sudah memiliki emulator android untuk menjalankan TicTacToe tersebut.


Photobucket

Setelah semua SDK platform dan Android virtual device telah terkonfigurasi, maka barulah penulis bisa membuat apliaksi yang diinginkan.


DOWNLOAD GAME DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar